Dalam hal pencapaian suatu tujuan di
perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara
umum bisa di katakan bahwa visi
dan misi
adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa
yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.
Faktor-faktor Penyusunan Visi
dan Misi:
• Sejarah
• Preferensi Masa Kini
• Lingkungan Pasar
• Sumber Daya
• Kompentensi yang membedakan
Menurut
Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian
kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan
yang ingin dicapai di masa depan. Dapat
dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau
perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk
menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi
suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi
di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi
(2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan
dalam produk dan
pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok
masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan
cita-cita masa depan. Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah cita -
cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa
depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Visi membicarakan hal-hal sebagai berikut:
1.
Wawasan
yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
2.
Sosok
Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
3.
Bentuk
usaha Anda sebesar apa.
4.
Alasan
Anda memasuki usaha di bnidang tersebut
5.
Imajinasi
mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa.
Visi yang ideal harus sebagai berikut:
·
Sederhana
(simple)
·
Terukur
(measurable)
·
Tejangkau
(reachable)
·
Beralasan
(reasonable)
·
Ambisius
·
Periode
waktu (time frame)
·
Bersifat
strategis (strategic)
·
Bersifat
strategis (strategic)
·
Perspektif
kondisi
·
Komunikatif
Tujuan
penetapan visi perusahaan,yaitu:
·
Mencerminkan
sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
·
Memiliki
orientasi pada mas adepan perusahaan.
·
Menimbulkan
komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
·
Menentukan
arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
·
Menjamin
kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan
Syarat
dan Kriteria Visi Perusahaan:
·
Dapat
dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
·
Dapat
dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
·
Berwawasan
jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman
·
Memiliki
nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan
·
Terfokus
pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi
Misi (mission) adalah apa
sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut
Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan
oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu
menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan
tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut
Drucker (2000:87), pada
dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan
misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud
aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan
menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang
memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta,
2004:8). Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan
tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh
perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah
pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya
mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi
yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang
nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara
pencapaian Visi.
Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut:
·
Kiat
dan usaha untuk mewujudakan visi
·
Nilai-nilai
dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi
·
Segmen
pasar dan pelanggan
·
Pernyataan
tentang produk atau jasa yang di masuki (dijualnya)
·
Keyakinan
yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
·
Pernyataan
strategis jangka panjang dan jangja pendek
Misi akan efektif bila bersifat:
·
Ringkas
dan jelas
·
Unik
·
Fleksible
·
Bisa
membantu untuk mengambil keputusan
·
Budaya
perusahaan
·
Memberikan
inspirasi
Cara Merumuskan Misi Perusahaan:
Melibatkan
pihak-pihak yang berkepentingan
Menyelaraskan
kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, untuk memeungkinkan
perusahaan melaksanakan kegiatannya lebih baik dan dengan seefesien mungkin
Menentukan
lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan apakah misi organisasi perusahaan
tidak bertentangan secara internal dan eksternal
Fungsi Misi:
Memberikan
arah usaha
Memfokuskan
langkah-langkah yang akan diambil
Objektif,
target dan program perusahaan dirancang berdasarkan misi yang suadah dibentuk
Membimbing
aksi dalam berbagai tingkat
Membantu
mencegah karyawan agar tidak salah melangkah
Berikut adalah contoh-contoh visi dan misi dari
perusahaan go public :
No.
|
Nama Perusahaan
|
Visi
|
Misi
|
1. |
PT. Sampoerna
|
Menjadi perusahaan paling terkemuka di Indonesia.
|
|
2.
|
PT. Unilever
|
"To become the first choice of consumer, costumer and community”
|
|
3.
|
PT. Pertamina
|
Menjadi lembaga pembinaan usaha kecil dan koperasi terkemuka yang
dapat mengangkat citra pertamina di mata masyarakat indonesia.
|
|
4.
|
PT. Kimia Farma
|
Menjadi perusahaan pelayanan kesehatan utama di Indonesia dan berdaya saing global.
|
Untuk mencapai visinya, PT. Kimia Farma (Persero) Tbk mempunyai misi sebagai berikut :
|
5.
|
PT. Agri Astra
|
“Menjadi Perusahaan Agroindustri Benih Nasional Kelas Dunia”
|
Menghasilkan Produk Agroindustri Bermutu Melalui Pemanfaatan
Sumber Daya Perusahaan Secara Efisien Dan Efektif Untuk Memberikan
Manfat Optimal Bagi Stakeholders
|
6.
|
PT. Telkom
|
To become a leading InfoCom player in the region
|
One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation
|
7.
|
PT. Coca Cola
|
Our vision serves as the framework for our Roadmap and guides every aspect of our business by describing what we need to accomplish in order to continue achieving sustainable, quality growth.
|
Our Roadmap starts with our mission, which is enduring. It declares our purpose as a company and serves as the standard against which we weigh our actions and decisions.
To create value and make a difference.
|
Setelah
mengetahui pengertiannya dan beberapa contoh mengenai visi dan misi perusahaan dapat dipastikan bahwa tanpa adanya visi dan misi,
sebuah perusahaan tidak akan bisa mencapai tujuan yang diimpikan. Contoh
mudahnya, kita misalkan membangun perusahaan sama halnya dengan memulai sebuah
perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, Anda tentukan terlebih dahulu kota
tujuan Anda. Tanpa memiliki tujuan tempat atau kota yang akan dikunjungi, orang
tersebut tidak akan pernah beranjak kemanapun. Sama halnya dengan perusahaan
yang belum memiliki visi, perusahaan tersebut juga belum bisa bergerak
kemanapun karena belum memiliki tujuan usaha. Tak kalah pentingnya dengan visi, misi
perusahaan juga berpengaruh terhadap perjalanan perusahaan. Jika perusahaan
tidak memiliki misi, keadaannya akan sama dengan orang yang sudah memiliki kota
tujuan (misalnya : perjalanan ke kota Jogja ) namun belum memiliki rencana
sarana transportasi yang akan digunakan dan kapan waktu keberangkatan. Sehingga
perjalanan menuju Jogja hanya sekedar angan–angan, yang belum bisa diwujudkan. Dari contoh tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tanpa adanya visi dan misi perusahaan yang saling bersinergi, mustahil
rasanya bila sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik.
ditambah dengon contoh visi atau misi terbaik perusaaan yang melegenda..pasti akan menambah lengkap informasi ini...salam SOBAT
ReplyDeleteDlm sistem bisnis konvensional, visi misi dianggap sesuatu yg hrs ada sbg tujuan utama.
ReplyDeleteDalam sistem amany, visi misi itu berubah per hari.
Sbg contoh : visi misi Bill Gates (pemilik Microsoft) adalah "one home one PC (tiap rmh ada komputer)" yg pada saat itu tdk ada yg punya komputer kecuali perusahaan besar.
Setelah terwujud "one home one PC" jadi suatu kebanggaan.
Sayang, kebanggaan itu tdk bertahan lama, arah pasar berubah ke "one people one smartphone".
Hal ini memaksa Microsoft beli Nokia pake WP (Windows Phone) yg akhirnya gagal di pasaran.
Microsoft yg asalnya jadi panutan berubah menjadi pengikut.
Visi misi yg kelihatannya bagus malah membatasi diri sampai menghilangkan jati diri.
Dlm sistem amany tdk ada visi misi krn sistem amany berusaha mengeluarkan semua potensi diri hingga tampak jati diri yg sebenarnya hingga terus menerus semakin kuat jati dirinya.
Visi misi tidak akan kuat menahan potensi diri yg terus menerus keluar, visi misi hanya membatasi diri dan malah menghilangkan jati diri.
http://tgconsulting-sistemamany.blogspot.co.id/2017/10/sistem-amany-sebagai-solusi-total.html?m=1