Monday, 8 April 2013

Pentingnya Peran Visi dan Misi

Dalam hal pencapaian suatu tujuan di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwa visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.

Faktor-faktor Penyusunan Visi dan Misi:
       Sejarah
       Preferensi Masa Kini
       Lingkungan Pasar
       Sumber Daya
       Kompentensi yang membedakan

Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

Visi membicarakan hal-hal sebagai berikut:
1.         Wawasan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
2.         Sosok Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
3.         Bentuk usaha Anda sebesar apa.
4.         Alasan Anda memasuki usaha di bnidang tersebut
5.         Imajinasi mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa.

Visi yang ideal harus sebagai berikut:
·           Sederhana (simple)
·           Terukur (measurable)
·           Tejangkau (reachable)
·           Beralasan (reasonable)
·           Ambisius
·           Periode waktu (time frame)
·           Bersifat strategis (strategic)
·           Bersifat strategis (strategic)
·           Perspektif kondisi
·           Komunikatif

Tujuan penetapan visi perusahaan,yaitu:
·           Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
·           Memiliki orientasi pada mas adepan perusahaan.
·           Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
·           Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
·           Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan

Syarat dan Kriteria Visi Perusahaan:
·         Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
·         Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
·         Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman
·         Memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan
·         Terfokus pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi

Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8). Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.

Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut:
·         Kiat dan usaha untuk mewujudakan visi
·         Nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi
·         Segmen pasar dan pelanggan
·         Pernyataan tentang produk atau jasa yang di masuki (dijualnya)
·         Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
·         Pernyataan strategis jangka panjang dan jangja pendek

Misi akan efektif bila bersifat:
·         Ringkas dan jelas
·         Unik
·         Fleksible
·         Bisa membantu untuk mengambil keputusan
·         Budaya perusahaan
·         Memberikan inspirasi 

Cara Merumuskan Misi Perusahaan:
   Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan
   Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, untuk memeungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatannya lebih baik dan dengan seefesien mungkin
   Menentukan lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan apakah misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal

Fungsi Misi:
  Memberikan arah usaha
  Memfokuskan langkah-langkah yang akan diambil
  Objektif, target dan program perusahaan dirancang berdasarkan misi yang suadah dibentuk
  Membimbing aksi dalam berbagai tingkat
  Membantu mencegah karyawan agar tidak salah melangkah



Berikut adalah contoh-contoh visi dan misi dari perusahaan go public :

 No.
  Nama Perusahaan
Visi
Misi
 1.
      PT. Sampoerna
     Menjadi perusahaan paling terkemuka di Indonesia.


  1.  Memproduksi rokok berkualitas tinggi dengan harga  yang  wajar bagi perokok dewasa
  2. Memberikan kompensasi dan lingkungan kerja  yang  baik kepada karyawan dan membina hubungan baik dengan mitra usaha 
  3. Memberikan sumbangsih kepada masyarakat luas

2.
       PT. Unilever
   "To become the first choice of consumer, costumer and community”

  • Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
  • Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
  • Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
  • Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.

3.
     PT. Pertamina
      Menjadi lembaga pembinaan usaha kecil dan koperasi terkemuka yang
dapat mengangkat citra pertamina di mata masyarakat indonesia.

  • Menjadikan usaha kecil dan koperasi mitra binaan pertamina sebagai unit usaha yang produktif, efisien, profitable dan dapat mendukung usaha dan mengangkat citra pertamina.
  • Menjadikan usaha kecil dan kopersai mitra binaan pertamina sebagai unit usaha penghasil produk berkualitas dan inovatif yang mampu bersaing di pasar lokal, regional dan global.
  • Menjadikan usaha kecil dan koperasi mitra binaan pertamina sebagai unit usaha yang mampu memenuhi permintaan dan kepuasan pelanggan secara dinamis dan berkelanjutan.
  • Menjadikan usaha kecil dan koperasi sebagai soko guru perkonomian nasional.
4. 
   PT. Kimia Farma
       Menjadi perusahaan pelayanan kesehatan utama di Indonesia dan berdaya saing global.

         Untuk mencapai visinya, PT. Kimia Farma (Persero) Tbk mempunyai misi sebagai berikut :



  1. Menyediakan produk dan jasa layanan kesehatan yang unggul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan mutu kehidupan.
  2. Mengembangkan bisnis pelayanan kesehatan untuk meningkatkan nilai perusahaan bagi pemegang saham, karyawan dan pihak lain yang berkepentingan, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.
  3. Meningkatkan kompetensi dan komitmen sumber daya manusia guna pengembangan perusahaan, serta dapat berperan aktif dalam pengembangan industri kesehatan nasional.

5.
PT. Agri Astra
     “Menjadi Perusahaan Agroindustri Benih Nasional Kelas Dunia”
     Menghasilkan Produk Agroindustri Bermutu Melalui Pemanfaatan
Sumber Daya Perusahaan Secara Efisien Dan Efektif Untuk Memberikan
Manfat Optimal Bagi Stakeholders
6.
PT. Telkom
       To become a leading InfoCom player in the region

      One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation
7.
PT. Coca Cola
     Our vision serves as the framework for our Roadmap and guides every aspect of our business by describing what we need to accomplish in order to continue achieving sustainable, quality growth.

    Our Roadmap starts with our mission, which is enduring. It declares our purpose as a company and serves as the standard against which we weigh our actions and decisions.

  • To refresh the world...
  • To inspire moments of optimism and happiness...
    To create value and make a difference.


            Setelah mengetahui pengertiannya dan beberapa contoh mengenai visi dan misi perusahaan dapat dipastikan bahwa tanpa adanya visi dan misi, sebuah perusahaan tidak akan bisa mencapai tujuan yang diimpikan. Contoh mudahnya, kita misalkan membangun perusahaan sama halnya dengan memulai sebuah perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, Anda tentukan terlebih dahulu kota tujuan Anda. Tanpa memiliki tujuan tempat atau kota yang akan dikunjungi, orang tersebut tidak akan pernah beranjak kemanapun. Sama halnya dengan perusahaan yang belum memiliki visi, perusahaan tersebut juga belum bisa bergerak kemanapun karena belum memiliki tujuan usaha. Tak kalah pentingnya dengan visi, misi perusahaan juga berpengaruh terhadap perjalanan perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki misi, keadaannya akan sama dengan orang yang sudah memiliki kota tujuan (misalnya : perjalanan ke kota Jogja ) namun belum memiliki rencana sarana transportasi yang akan digunakan dan kapan waktu keberangkatan. Sehingga perjalanan menuju Jogja hanya sekedar angan–angan, yang belum bisa diwujudkan. Dari contoh tersebut  dapat ditarik kesimpulan bahwa tanpa adanya visi dan misi perusahaan yang saling bersinergi, mustahil rasanya bila sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik.



2 comments:

  1. ditambah dengon contoh visi atau misi terbaik perusaaan yang melegenda..pasti akan menambah lengkap informasi ini...salam SOBAT

    ReplyDelete
  2. Dlm sistem bisnis konvensional, visi misi dianggap sesuatu yg hrs ada sbg tujuan utama.

    Dalam sistem amany, visi misi itu berubah per hari.

    Sbg contoh : visi misi Bill Gates (pemilik Microsoft) adalah "one home one PC (tiap rmh ada komputer)" yg pada saat itu tdk ada yg punya komputer kecuali perusahaan besar.

    Setelah terwujud "one home one PC" jadi suatu kebanggaan.

    Sayang, kebanggaan itu tdk bertahan lama, arah pasar berubah ke "one people one smartphone".

    Hal ini memaksa Microsoft beli Nokia pake WP (Windows Phone) yg akhirnya gagal di pasaran.

    Microsoft yg asalnya jadi panutan berubah menjadi pengikut.

    Visi misi yg kelihatannya bagus malah membatasi diri sampai menghilangkan jati diri.

    Dlm sistem amany tdk ada visi misi krn sistem amany berusaha mengeluarkan semua potensi diri hingga tampak jati diri yg sebenarnya hingga terus menerus semakin kuat jati dirinya.

    Visi misi tidak akan kuat menahan potensi diri yg terus menerus keluar, visi misi hanya membatasi diri dan malah menghilangkan jati diri.

    http://tgconsulting-sistemamany.blogspot.co.id/2017/10/sistem-amany-sebagai-solusi-total.html?m=1

    ReplyDelete